Search This Blog

Prospek Batik Madura di Pasar Global

Prospek Batik Madura untuk lebih diminati masyarakat internasional sangat besar mengingat batik madura mempunyai keunggulan dalam pemilihan warna dan motif. Sayangnya, batik madura kini sudah mulai terkontaminasi dengan batik dari daerah lain. “Banyak ditemukan campuran khas batik luar daerah, seperti campuran batik khas Solo, Yogyakarta, Bali dan Mataram,”. 

Batik madura punya peluang besar diminati masyarakat internasional, meski saat ini keunggulan batik madura masih di bawah 50 persen dibandingkan batik di luar Madura, seperti Pekalongan, Yogyakarta, Bali, dan Mataram yang sudah 80 persen. Daya tarik batik madura, terletak pada warna, motif, dan guratan batik. Karenanya, pembatik jangan sampai melupakan ciri khas batik madura sesungguhnya dan disesuaikan dengan corak kebudayaan asli Madura.

Takutnya nanti ada yang mengakui Batik Madura sebagai batik dari kebudayaan mereka. Lihat saja sekarang ini banyak budaya daerah yang kemudian diakui sebagai budaya asli negeri tetangga. Kalau sudah begitu orang Madura baru menyesal.