Search This Blog

Pengertian Server di Internet

Sebuah website/blog pasti membutuhkan domain dan hosting. Baik layanan gratisan maupun berbayar. Namun banyak internet surfer yang masih awam dengan dua istilah tersebut. Namun ada pula sudah memiliki blog di layanan gratisan tapi masih belum tahu dengan domain dan hosting. 
 
    Domain adalah nama unik yang berguna untuk mengenali name server computer. Contohnya seperti web server, email server di internet, atau jaringan komputer. Nama domain berfungsi untuk memudahkan penguna internet melakukan akses ke webserver . Nama domain juga berfungsi untukmemudahkan pengunjung sebuah website mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal angka angka yang rumit yang disebut sebagai IP address. Nama domain dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web  seperti misalnya "". Nama domain kadang disebut juga dengan istilah alamat website atau URL (Uniform Resource Locator).

    Pengertian Hosting versi Wikipedia adalah Tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. Penyedia Hosting di Indonesia sangat banyak sekali sekarang ini. Salah satu diantaranya adalah DomaiNesia. Selain menyediakan Hosting murah, Domainesia juga menyediakan Domain Murah. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba Provider Hosting tersebut.