Search This Blog

Perkembangan Busana Muslim


Saya mengamati kerudung dan Jilbab mulai mendapatkan tempat dalam perkembangan mode di Indonesia. bahkan mode boleh berganti tapi Busana Muslim tidak pernah surut. Busana Muslim dengan segala perlengkapannya bukan sekedar trend mode tapi pilihan hidup yang dilaksanakan seumur hidup. Trend mode biasanya hanya bertahan selama beberapa musim saja, tapi Busana Muslim akan terus ada sepanjang waktu. Ketika rok mini menjadi trend, dapat dipastikan banyak yang mengikutinya. Meskipun demikian, mode tersebut cuma dapat bertahan beberapa waktu dan segera berganti dengan trend lainnya. Akan tetapi pemakai Busana Muslim akan terus memakainya sepanjang penghayatan imannya. 

Perkembangan Busana Muslim di Indonesia sendiri sudah sangat maju baik dalam bentuk garis rancangan, gaya, maupun dalam jenis produk-produk fashion misalnya kerudung. Kerudung atau selendang adalah produk pelengklap Busana Muslim yang tidak boleh ditinggalkan. Perkembangan Busana Muslim yang sangat pesat telah membawa perubahan dalam pemaknaan dari memakai Busana Muslim itu sendiri, walaupun masih dalam konteks yang masih dapat diterima. Jika awalnya Busana Muslim menjadi pengejawantahan ketaatan seseorang terhadap peraturan yang berasal dari Alloh SWT, dalam perkembangannya busana muslim mencapai sisi lain dari fungsi berpakaian dalam Islam yaitu sebagai penutup aurat, perhiasan, kesehatan, kenyamanan dan keamanan. 

Karena itu tidaklah mengherankan apabila sekarang muncul ide-ide baru yang beragam sebagai proses eksplorasi kreatifitas dalam mendesain Busana Muslim dan kerudung. Dalam hal desain kerudung, sekarang proses ini sudah dalam tahap berkerudung yang kreatif , cantik dan modis, dan itu dicapai dengan modifikasi dan kombinasi antara satu sampai tiga potong kerudung yang dibentuk menjadi tampilan baru.