Search This Blog

Rupiah Melemah, Harga Emas Batangan Antam Melonjak




Dolar AS kemarin sempat menguat di level Rp 9.000. Hal ini ternyata berpengaruh terhadap melonjaknya harga emas batangan di Logam Mulia Antam ke level Rp 518.000 per gram untuk pecahan 1 kg dari Rp 513.000 per gram kemarin.

Hal ini disampaikan oleh Marketing Manajer Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Bambang Wijanarko kepada detikFinance, Rabu (2/11/2011).

"Situasi di dalam negeri juga sangat mendukung harga emas yang didorong oleh pelemahan rupiah yang kemarin sempat beberapa kali tembus Rp 9.000/US$. Harga Logam Mulia yang dijual di Antam hari
ini berada di Rp 518.000/gram untuk pecahan kilobar," tuturnya.

Selain itu, harga emas internasional juga melonjak akibat aksi pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral Eropa sebesar 0,25% menjadi 1,25%."Harga emas kembali melonjak ke level US$ 1.760/troy ounce akibat adanya pemotongan bunga oleh Bank Sentral Eropa menjadi 1,25%. Emas kembali diburu oleh investor karena dianggap lebih menarik untuk situasi seperti ini di mana mereka sangat membutuhkan safe heaven untuk mengamankan nilai aset mereka," tutur Bambang.

Bambang mengatakan, Antam hari ini resmi melakukan penjualan emas batangan di counternya yang berlokasi di kantor pos besar Kebon Rojo Surabaya. Jadi masyarakat di Surabaya bisa langsung membeli
emas Antam lewat counter tersebut.

Dalam situs Logam Mulia, terlihat harga jual emas Antam berkisar Rp 560 ribu per gram untuk pecahan 1 gram, hingga Rp 518 ribu per gram untuk pecahan 1 kg.Sementara harga beli (buyback) emas Antam adalah Rp 493 ribu per gram.