Search This Blog

Kopi Luwak

Kopi luwak adalah jenis yang paling unik. Ini satu-satunya di dunia. Keunikannya berada pada proses pembuatan yang berbeda dari kopi biasa. Kopi luwak diambil dari kotoran luwak (musang). Ini keunikannya dan inilah yang membuat kopi ini menjadi sangat istimewa. Ada sebuah proses alami yang terjadi di pencernaan luwak sehingga kopi ini menjadi memiliki beberapa keistimewaan.
Beberapa keistimewaan kopi luwak:
  1. Rasanya yang enak. Bagi Anda penikmat kopi, Anda bisa membedakan antara kopi biasa dan kopi luwak asli. Yang saya rasakan adalah rasa kopi begitu menyatu dengan lidah, bahkan setelah air kopi saya telan. Kopi luwak memiliki tekstur yang lembut dengan rasa pahit yang kuat namun sedikit terselubung.
  2. Aromanya sangat harum.
  3. Kandungan asamnya menjadi lebih rendah, sehingga relatif aman diminum oleh Anda yang memiliki masalah lambung. Konon, Anda aman minum kopi luwak sampai 10 cangkir.
Asal mula Kopi Luwak terkait erat dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di koloninya di Hindia Belanda terutama di pulau Jawa dan Sumatera.[1] Salah satunya adalah bibit kopi arabika yang didatangkan dari Yaman. Pada era “Tanam Paksa” atau Cultuurstelsel (1830—1870), Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu. Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, tetapi hanya daging buahnya yang tercerna, kulit ari dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna. Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, kemudian diseduh dengan air panas, maka terciptalah kopi luwak.[2] Kabar mengenai kenikmatan kopi aromatik ini akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, maka kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak pun adalah kopi yang mahal sejak zaman kolonial.


Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi. [Sumber Kopi Luwak]
Di luar negeri, harga kopi luwak sangaaat mahal. Kalau di Indonesia, harga kopi luwak masih tetap mahal dibandingkan dengan kopi biasa. Namun, akan terasa murah jika dibandingkan dengan rasa dan manfaat yang Anda rasakan saat menikmati kopi luwak ini.
Tapi, semahal-mahalnya kopi luwak, masih tetap terjangkau koq. Memang, jika membeli kopi luwak asli yang sudah jadi di cafee atau di restoran, masih terasa sangat mahal. Tapi ada solusinya bagi Anda, Anda menyeduh sendiri kopi luwak di rumah, maka biaya akan lebih murah dan tentu terjangkau.